Buku Petunjuk:Laman Utama

From Gentoo Wiki
Jump to: navigation, search
This page is a translated version of the page Handbook:Main Page and the translation is 23% complete.

Outdated translations are marked like this.
Other languages:
Bahasa Indonesia • ‎Deutsch • ‎English • ‎Nederlands • ‎Türkçe • ‎català • ‎español • ‎français • ‎hrvatski • ‎italiano • ‎norsk bokmål • ‎polski • ‎português do Brasil • ‎čeština • ‎Ελληνικά • ‎русский • ‎српски (ћирилица)‎ • ‎українська • ‎فارسی • ‎中文(中国大陆)‎ • ‎中文(台灣)‎ • ‎日本語 • ‎한국어

Perkenalan

Buku Petunjuk Gentoo merupakan usaha pemusatan dokumentasi ke dalam buku petunjuk yang koheren. Buku petunjuk ini berisi cara instalasi dengan pendekatan berbasis-internet dan sedikit penjelasan mengenai Gentoo dan Portage.

Arsitektur

Gentoo Linux tersedia dalam berbagai arsitektur. Tapi apakah arsitektur itu?

"Arsitektur" merupakan keluarga CPU (prosesor) yang mendukung instruksi-instruksi yang sama. Dua arsitektur terpopuler di dunia desktop adalah arsitektur x86 dan x86_64 (di mana Gentoo menggunakan notasi amd64). Tapi sangat banyak arsitektur yang ada di dunia ini, seperti sparc, ppc (keluarga PowerPC), mips, arm, ...

Sebuah distribusi Linux yang serba guna seperti Gentoo mendukung beragam arsitektur. Dengan alasan tersebut, Anda akan menemukan beragam arsitektur yang ditawarkan dalam Buku Petunjuk Gentoo ini. Namun, hal ini akan cukup membingungkan karena tidak semua pengguna tahu perbedaan-perbedaannya. Beberapa pengguna hanya tahu sebagian tipe CPU atau nama sistem mereka (seperti i686 atau Intel Core i7). Anda akan menemukan penjelasan singkat mengenai arsitektur-arsitektur yang didukung Gentoo dan singkatannya di bawah ini. Namun, sangat banyak orang yang tidak tahu arsitektur sistem mereka lebih tertarik untuk melihat x86 atau amd64.

Melihat buku petunjuk

Catatan
Tabel di bawah ini memperlihatkan ikhtisar tingkat-tinggi arsitektur-arsitektur yang didukung. Beberapa CPU dan sistem yang ditunjukkan hanyalah contoh, tidak lebih dari itu. Bila Anda masih bingung arsitektur mana yang harus dipilih, silakan baca bagian pertama dari bab kedua Buku Petunjuk Gentoo (Memilih Media Instalasi yang Benar), di mana laman tersebut akan menguraikan platform-platform yang didukung.

A note for new Gentoo users: if the CPU is less than five years old and the manufacturer is either Intel or AMD, choosing the AMD64 Handbook is probably the correct route.

Catatan
ARM dan ARM64 didukung oleh proyek Gentoo, tapi belum memiliki penjelasan penuh karena ditinggalkan. Silakan lihat proyek ARM bila ingin mendapatkan lebih banyak informasi.
Satu laman per bab (banyak laman yang lebih pendek) Satu laman per bagian (laman lebih panjang)
Buku Panduan arsitektur Deskripsi arsitektur Instalasi Gentoo Linux Bekerja dengan Gentoo Bekerja dengan Portage Konfigurasi jaringan
Alpha Arsitektur Apha merupakan arsitektur 64-bit yang dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation (DEC). Arsitektur ini masih dipakai oleh server kelas menengah dan kelas atas, tapi penggunaannya semakin menurun.
(ES40, AlphaPC, UP1000, Noname)
Installation Working Portage Networking
AMD64 Arsitektur 64-bit yang kompatibel dengan arsitektur x86 (dikenal sebagai x86_64). Arsitektur ini pertama kali dipakai oleh AMD (dengan nama AMD64) dan Intel (dengan nama EM64T) dan sekarang menjadi arsitektur terpopuler untuk desktop PC kelas menengah hingga kelas atas. Selain itu, juga bisa ditemukan di segmen server.
(AMD Athlon 64, AMD Opteron, prosesor AMD Sempron, AMD Phenom, Intel Pentium 4, Intel Core2, Intel Core i3, i5, i7)
Installation Working Portage Networking
ARM Arsitektur 32-bit adalah arsitektur paling populer untuk sistem kecil dan sistem tertanam. Sub-arsitektur dari ARMv1 sampai ARMv7 (Cortex) sering ditemukan di ponsel pintar, tablet, konsol tangan, sistem navigasi GPS, dll.

(StrongARM, Cortex-M)

ARM64 Arsitektur 64-bit ini merupakan varian arm baru untuk sistem tertanam dan server. Sub-arsitektur dari ARM64 hanyalah ARMv8 termasuk prosesor Cortex-A53 dan Cortex-A57 yang hadir pertama kali di variasi SoC dari papan pengembang, ponsel pintar, tablet, dll.

(Cortex-A53, Cortex-A57)

HPPA Disebut sebagai HPPA, arsitektur PA-RISC merupakan set instruksi yang dikembangkan oleh Hewlett-Packard dan pernah dipakai untuk server kelas menengah hingga atas sampai tahun 2008 (setelah HP mulai memakai Intel Itanium).
(HP 9000, PA-8600)
Installation Working Portage Networking
IA64 Arsitektur 64-bit yang didesain untuk Intel yang dipakai di prosesor seri Intel Itanium. Arsitektur ini tidak kompatibel dengan x86 atau x86_64 (amd64) dan sering ditemukan di server menengah hingga atas.
(Intel Itanium)
Installation Working Portage Networking
MIPS Dikembangkan oleh MIPS Technologies, arsitektur MIPS membawa banyak subfamily (disebut sebagai revisi) seperti MIPS I, MIPS III, MIPS32, MIPS64, dan lainnya. MIPS sering ditemukan di sistem tertanam.
(MIPS32 1074K, R16000)
Installation Working Portage Networking
PPC Arsitektur 32-bit ini dipakai oleh prosesor Apple, IBM, dan Motorola. Ia sering ditemukan di sistem tertanam.
(Apple OldWorld, Apple NewWorld, generi Pegasos, Efika, older IBM iSeries and pSeries)
Installation Working Portage Networking
PPC64 Varian 64-bit dari arsitektur PPC, populer di sistem tertanam maupun server kelas atas.
(IBM RS/6000s, IBM pSeries, IBM iSeries)
Installation Working Portage Networking
SPARC Arsitektur SPARC dipopulerkan oleh Sun (sekarang Oracle) dan Fujitsu. Arsitektur ini dipakai di server walau kita juga bisa menemukannya di beberapa workstation. Di Gentoo, hanya yang kompatibel dengan SPARC64 lah yang didukung.
(E3000, Blade 1000, Ultra 2)
Installation Working Portage Networking
X86 Arsitektur 32-bit ini dipakai oleh CPU yang sering disebut sebagai CPU "yang kompatibel dengan Intel". Dulunya, hingga hari-hari ini, arsitektur ini disebut sebagai arsitektur paling populer untuk PC desktop. Gentoo mampu membangun i486 (mendukung semua keluarganya) dan i686 (Pentium dan yang lebih tinggi atau yang kompatibel).
(i486, i686, Intel Core, AMD Athlon, Intel Atom)
Installation Working Portage Networking

Pertanyaan yang sering diajukan

Bisakah Anda memiliki buku petunjuk yang dibuat secara dinamis untuk setiap pilihan di atas?

Segalanya mungkin, tapi kami memilih untuk melakukan hal ini untuk setiap tingkat arsitektur. Pilihan lain, seperti pemartisian, pemilihan kernel, instalasi alat, dan lainnya cukup mudah untuk dijelaskan dalam satu dokumen.

Concepts such as advanced partitioning, non-generic kernel configuration, and alternate init systems are explained other areas around the wiki in publicly modifiable namespace (hint: anyone with wiki account can edit them!).

We ask our readers to search wiki and discover what is already available before requesting a new section or addition to be added to the Handbook. If you believe a new generic section is necessary to add to the Handbook, then propose a request by following the instructions below.

Note
Active handbook editors are down to only two or three members, so please provide some patience as we respond to new {{Talk}} entries. See below for instruction on how to suggest a new improvement to the handbook.

Saya tidak menemukan informasi mengenai stage1 di buku petunjuk Gentoo

Instruksi penggunaan tarball stage1 atau stage2 sekarang bisa ditemukan di Gentoo FAQ. Instalasi stage3 merupakan satu-satunya instalasi yang kami dukung saat ini.

Saya tidak setuju dengan ...

Silakan laporkan ide Anda melalui "laman Diskusi" di masing-masing laman buku petunjuk ini. Dokumentasi dibuat oleh komunitas, jadi umpan balik komunitas sangat dihargai.

Namun, Anda perlu tahu bahwa keputusan pengembangan dokumentasi ini didasarkan pada model-konsensus. Sangat tidak mungkin untuk menulis/membuat dokumentasi sesuka hati. Anda harus mampu menjawab "Tidak" dengan alasan yang kami percayai bahwa penerapan ini menguntungkan banyak orang.

Those who open discussions with the goal of improving the Handbook must be able to accept a "No" as an answer. Typically "No" is used when we believe the current implementation is beneficial for the majority of readers.

Sebagai langkah tepat untuk melacak masalah-masalah yang dibuka kami memerintahkan Anda untuk menambahkan penanda pada pertanyaan Anda:

CODE Contoh diskusi yang dibuka
{{InfoBox stack
|{{InfoBox talk open|date=Jul 2 2015}}
}}

Kode ini mengijinkan kami untuk selalu melacak masalah yang ada di Buku Petunjuk Gentoo.